2:54 PM

Awas, Uang Palsu di Penukaran Pinggir Jalan

Hay.. Gokil Gedabruss Maniak.. Menjelang Lebaran Pasti Banyak Yang Ingin Mendapatkan Uang Baru Untuk Salam Tempel. Kali ini Gokil Gedabrus Hanya ingin Meminta Gokil Gedabruss Maniak Untuk Berhati-hatilah dalam penukaran uang yang berada di pinggiran jalan.

Bank Indonesia (BI) meminta masyarakat waspada terhadap uang palsu yang diselipkan di pecahan uang baru yang ditawarkan di pinggir jalan. Sebab, jumlah uang palsu menjelang lebaran mengalami kenaikan.

"Kami tidak menutup keinginan masyarakat membeli uang di pinggir jalan. Namun, harus juga waspada, kadang-kadang diselip, atau mungkin jumlahnya tidak 100 lembar," kata Deputi Gubernur BI, Budi Rochadi, usai meninjau lokasi penukaran uang di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Rabu 25 Agustus 2010.

Dia meminta masyarakat berhati-hati terhadap penjual uang di pinggir jalan. Masyarakat diminta untuk meneliti uang yang diterima apakah terselip uang asli atau tidak. Menurut dia, tidak hanya menyelipkan uang palsu di antara uang asli, namun terkadang juga uang mainan.

BI bekerja sama dengan Polri akan terus memberantas penyebaran uang palsu. BI berterima kasih kepada Polri yang baru-baru ini berhasil menangkap pelaku pengedar uang palsu di Sukabumi, Jawa Barat.

BI juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih memperhatikan keaslian uang.

Sayangnya, Budi lupa berapa nilai uang palsu yang jumlahnya meningkat menjelang lebaran itu. Namun, menurut data terakhir, jumlah uang palsu 2010 sebanyak tujuh lembar pada setiap satu juta lembar. Jumlah itu menurun dibanding 2008, yaitu delapan lembar uang palsu pada setiap satu juta lembar uang.• VIVAnews