3:40 PM

Puntung Rokok Jadi Bahan Antikarat

Para ilmuwan China berhasil mengekstrak senyawa kimia dari puntung rokok yang dapat digunakan untuk perawatan antikarat pada baja. Selain itu, penggunaan puntung ini mampu melindungi pipa minyak dapat melindungi lingkungan dari pencemaran. Penelitian ini dilakukan di bawah program yang ditujukan untuk penggunaan siklus limbah konsumen.

Setiap tahun, orang di seluruh dunia membuang sekitar 4.500.000.000.000 puntung. Limbah rokok ini tidak hanya merusak penampilan kota atau taman tetapi berdampak negatif terhadap ekologi. Secara khusus, jika masuk ke air, mereka mengeluarkan toksin beracun membunuh ikan. Ilmuwan menyatakan bahwa selain pemanfaatan limbah rokok, ada cara untuk rasional menggunakannya.

Penelitian khusus dilakukan di mana mereka menempatkan ujung rokok ke dalam air. Dalam ekstrak yang mereka dapat mereka menemukan sembilan bahan kimia, termasuk nikotin, dan beta karoten antrakinon turunan. Lalu mereka menerapkan ekstrak ke N80-baja banyak digunakan dalam pembuatan pipa minyak. Ternyata campuran melindungi permukaan logam dengan sangat baik, mencegah oksidasi lebih lanjut dari logam.

Proses Korosi melambat 95% dibandingkan dengan kontrol sampel baja yang tidak diproses. Para peneliti percaya bahwa zat dari ekstrak menyerap pada permukaan logam, menciptakan lapisan pelindung. Perlu disebutkan bahwa penggantian dan biaya perbaikan pipa minyak produsen berkarat jutaan dolar setiap tahun. Oleh karena itu, penemuan ilmuwan China dapat digunakan untuk melindungi jaringan pipa untuk mentransfer minyak.

Hal ini akan memungkinkan mencegah kerusakan mahal dan gangguan dalam ekstraksi minyak. Sepertinya sekarang perokok China akan diminta disiplin untuk membawa puntung rokok dengan tujuan yang khusus menerima puntung ini.surya