12:45 AM

Awas, “Video Hot Krisdayanti & Mulan Jameela"

mulan-jameelaVIVAnews - Phisser lokal kembali melancarkan aksi tipuan di situs jejaring sosial terbesar di dunia. Caranya, mereka mengirimkan pesan di Facebook Chat dengan menyamar sebagai rekan pengguna Facebook dan mengirimkan pesan yang ‘menggiurkan’.


“Terbaru!!!! Adegan perselingkuhan Krisdayanti dan Raul lemoz di sebuah hotel Belucci negara timor leste. Di sini terlihat sekali diva pop Indonesia kridayanti sangat hot di ranjang. Adegan ini terekam oleh kamera CCTV hotel tersebut. Ada juga video Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Inilah bukti rusaknya moral para selebriti Indonesia. Video ini dapat diakses dan didownload secara gratis! Lewat Facebook di alamat berikut.. Klik aja http://ambil.info/kol**siartis”

“Sekalipun pesan ini dikirimkan oleh saudara, teman, anak, aa, teteh atau cucu Anda, jangan percaya,” kata Alfons Tanujaya, Antivirus Specialist Vaksincom, pada keterangannya, Kamis 2 September 2010.

“Alih-alih mendapatkan video Krisdayanti, Raul Lemos atau Mulan Jameela, yang terjadi malah rekening dan password Facebook Anda akan dikuasai oleh phissher,” ujarnya.

Alfons menyebutkan, phisser tersebut dapat mengirimkan pesan pada Anda karena account Facebook teman Anda tersebut telah dikuasai oleh phissher dan digunakan untuk mendapatkan lebih banyak account Facebook lagi.

“Segera hubungi rekan Facebook Anda yang mengirimkan pesan lewat Facebook Chat tersebut untuk segera melakukan tindakan mengganti password Facebook-nya,” kata Alfons.

Link yang digunakan untuk menyebarkan ‘video’ yakni http://ambil.info merupakan layanan pemendek URL lokal yang kalau diklik akan mengantarkan pengguna ke situs phisshing yang memalsukan page login Facebook.

“Bedanya adalah ditambahkan satu kalimat ‘This video is very confidential. Then you are required to login again to view the videos.’ yang artinya pengguna perlu ‘login’ untuk melihat video tersebut,” kata Alfons.

Menurut pantauan Vaksincom, Alfons menyebutkan, phissher lokal ini menggunakan link http://ambil.info/koleksiartis dan sudah mempersiapkan nama-nama pengganti lain seperti http://ambil.info/koleksimeteor.

“Jika anda memblok link dua link ini, phissher dengan mudah mendaftarkan linknya kembali ke penyedia URL pendek lain,” kata Alfons. “Bisa juga dilakukan alternatif memblok alamat situs asli di yourfreehosting, tetapi kembali phissher dengan mudah membuat page phisshing lain dan didaftarkan kembali,” tuturnya.

Alfons menyebutkan, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengedukasi pengguna Facebook atau layanan lain seperti Gmail, Yahoo untuk selalu berhati-hati dan jangan pernah memasukkan kredensial, walaupun dengan iming-iming video porno artis terkenal atau apapun imbalannya.

“Yang ada malah Anda akan mendapat malu karena akun Anda dicuri dan digunakan untuk menyebarkan phisshing,” kata Alfons. (art)