12:23 PM

Simpanse Jago Melukis Hebohkan Bonbin

unikNITEROI - Seekor simpanse di Kebon Binatang (Bonbin) Niteroi, Brasil, memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki hewan pada umumnya.

Dia pun terkenal dengan julukan Cezanne, sebuah nama milik seorang pelukis ternama Prancis. Tak pelak keahliannya itu membuat heboh pengunjung Bonbin.

Simpanse itu berusia 26 tahun. Semasa mudanya, dia adalah hewan pemain sirkus. Hewan yang memiliki nama asli Jimmy ini, menghasilkan tiga buah lukisan setiap harinya.

Sang pelatih hewan, Roched Seba mengatakan, Jimmy tidak menunjukkan ketertarikan terhadap mainan seperti yang biasa dilakukan oleh simpanse lainnya.

Melihat keistimewaan tersebut, Seba pun rela menghibur sang primadona dengan membelikan beberapa cat untuknya, demikian lansir Telegraph, Selasa (21/9/2010).

Menurut Seba, Jimmy terkadang menolak untuk melukis jika di sekelilingnya banyak orang. Tapi setidaknya dalam sehari dia menghabiskan waktu selama 30 menit untuk melukis. Simpanse itu dengan hati-hati menggoreskan kuasnya pada papan untuk menciptakan sebuah karya. Saat ini pertunjukan tengah digelar untuknya.

Tidak hanya simpanse, seekor gajah Afrika bernama Brittany, juga mampu menampilkan karyanya dalam sebuah kanvas di Kebun Binatang Milwaukee untuk mendapatkan uang.

Nilai yang dihasilkan para hewan terbilang tinggi. Sebuah lukisan abstrak yang dibuat seekor simpanse bernama Congo pada 1950, terjual dengan harga USD26,352 pada 2005 di pelelangan di London.Okezone