12:30 AM

5 Langkah Mudah Memperkecil Pori-pori Wajah

Pori-pori besar di wajah seringkali menjadi masalah bagi banyak wanita. Tak perlu khawatir, ikuti lima langkah singkat ini untuk memperkecil pori-pori.

Memiliki pori-pori di wajah merupakan kondisi yang normal. Pori-pori diperlukan kelenjar sebaceous untuk melepaskan minyak dari tubuh kita.

Masalahnya seringkali pori-pori tampak lebih besar dari ukuran normal. Umumnya hal ini terjadi pada pamilik jenis kulit berminyak. Pori-pori yang besar biasanya terlihat di daerah hidung dan pipi.

Seperti dikutip dari Medic magic, pembesaran pori-pori disebabkan oleh faktor genetik, penuaan, kerusakan akibat sinar matahari dan juga efek samping dari kosmetik yang Anda gunakan. Sayangnya, Anda tidak dapat mengubah ukuran pori-pori secara permanen. Yang bisa Anda lakukan adalah membuat pori-pori terlihat lebih kecil dengan perawatan berikut:

Menjaga kulit tetap bersih
Cucilah muka dua kali sehari untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah. Minyak yang berlebih dapat membuat pori-pori terutama di bagian hidung semakin besar.

Gunakan masker wajah
Anda dapat membuat masker wajah dari tomat. Tomat dapat menyerap minyak dan dapat membuat wajah lebih mulus. Caranya, potong tomat menjadi dua, ambil bijinya lalu aplikasikan pada hidung Anda. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu.

Komedo strip

Menghilangkan komedo yang mendalam bisa membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan strip untuk mengangkat komedo. Dengan komedo strip, kotoran dan komedo di atas hidung bisa terangkan sehingga kulit tidak terlihat bersisik dan kusam.

Namun jika kulit memerah atau terjadi iritasi, hentikan penggunaan komedo strip. Jika kemerahan dan iritasi tidak hilang dalam beberapa hari, konsultasikan ke dokter kulit Anda.

Pengelupasan kulit

Selain membuat kulit lebih cerah, melakukan perawatan pengelupasan kulit juga bisa membantu membuat pori-pori kulit terlihat lebih kecil. Angkat sel-sel kulit dengan cara scrub atau dengan melakukan facial di pusat kecantikan pilihan Anda.

Vitamin A

Vitamin A yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan tomat memberikan nutrisi untuk kulit. Sayur dan buah-buahan segar atau yang belum dimasak biasanya memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi.wolipop