12:13 PM

Lemak Manusia Dipakai untuk Bikin Sabun

sabunZurich, Swiss, Tujuan orang melakukan operasi sedot lemak biasanya hanya untuk mengurangi berat badan. Tapi di tangan seorang seniman asal Swiss, kelebihan lemak yang dibuang lewat operasi tersebut dimanfaatkan untuk membuat sabun.

Dikutip dari Telegraph, Minggu (10/10/2010), sabun tersebut kini tengah dipamerkan di Migros Museum of Contemporary Art. Nyaris tak ada yang istimewa, bentuk sabun itu hanya batangan berwarna putih seperti layaknya sabun mandi biasa.

Yang membuatnya penuh sensasi adalah bahan baku yang digunakan yakni lemak manusia. Bukan sembarang manusia, lemak tersebut bahkan diambil dari seorang tokoh terpandang yakni Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi.

Gianni Motti, seniman asal Swiss yang membuat sabun lemak manusia itu mengaku mendapatkan lemak Berlusconi dari sebuah klinik di Swiss. Kabarnya, Berlusconi pernah melakukan sedot lemak di klinik tersebut sekitar tahun 2004.

Sabun yang akan dipamerkan untuk umum hingga 28 November 2010 ini memang tidak benar-benar digunakan untuk mandi atau cuci tangan. Sejak dibeli dari kolektor pada 2005, sabun ini membawa pesan antikorupsi lewat slogan kampanye 'Tangan Bersih'.

Lagipula klaim sang seniman bahwa sabun itu berasal dari lemak Berlusconi dinilai agak sumir. Sebab hingga kini, klinik yang dimaksud selalu membantah telah memberikan Lemak Manusia Dipakai untuk Bikin Sabun.

Meski demikian, membuat sabun dari lemak manusia memang dimungkinkan dengan reaksi kimia yang disebut saponifikasi. Reaksi ini melibatkan asam lemak baik berupa lemak nabati maupun hewani, dengan larutan khusus yang bersifat basa atau alkali.detikHealth