11:57 AM

Tips Gunakan BlackBerry Messenger

BlackBerryRata-rata pengguna smartphone BlackBerry banyak memakai fitur BlackBerry Messenger (BBM). Berikut beberapa tips dan trik penggunaan BBM:

Contact Management :
1. Buatlah selalu display name dengan huruf biasa/standard. Jika ingin huruf/simbol yang aneh-aneh atau yang lucu-lucu jangan letakkan di awal display name. Minimal pasanglah di huruf ketiga supaya teman lebih mudah jika ingin mencari nama untuk kontak. Fasilitas search di BlackBerry hanya bisa mendeteksi huruf standard.

2. Manfaatkan fasilitas category di BBM contact list dengan cara masuk ke aplikasi bbm -> tekan menu -> pilih new contact category -> isi sesuai keinginan (family/milis/mitra bisnis, dll) -> lalu pilih contact yang akan dipilih sesuai kategori. Beberapa manfaatnya adalah: jika ingin melakukan BM ke anggota keluarga tentang acara makan malam bersama misalnya. Kita tinggal melakukan broadcast sesuai category keluarga. Pencarian kontak yang jauh lebih mudah karena display contact list lebih terpilah2 lagi.

3. Jika kita memiliki contact list teman yang menggunakan display name yang sering diganti maupun diawali tidak dengan huruf standar. Kita bisa mengubah display name contact list teman dengan cara pilih contact yang akan kita ubah -> pilih view contact profile -> ubah display name sesuai kehendak kita. Jika kita ingin mengembalikan display name ke kondisi awal lakukan proses yang sama, di sebelah tulisan display name akan muncul tulisan reset, pilih tombol reset. Selesai.

4. Backup selalu contact kita secara offline di media card. Secara default setting ini tidak aktif. Tekan menu di BBM, pilih options, cari backup management, pilih backup, pilih backup files locally, tick mark auto save contact list changes, lalu tekan backup now.

Conversation
1. Kita bisa melakukan save chat history sampai dua bulan jika diperlukan. Caranya, tekan menu, pilih options, cari bagian chat view, ada menu save chat history, pilih ke media card. Jangan kuatir, tidak akan menguras memory kita karena save dilakukan di media card.
2. Untuk melihat history pilih contact. Setelah layar conversation terbuka pilih menu lalu pilih view chat history.
3. Untuk menonaktifkan save history lakukan point 1 dan pilih never.
4. Untuk lebih efisien disarankan agar conversation kita di BBM tidak usah dimunculkan di folder messages. Caranya pilih options, cari bagian miscellaneous, hilangkan tick mark show chats in messages application

BB Groups
Salah satu default setting yang kurang efisien adalah di BB groups fitur save pictures adalah aktif dan tersimpan di media card. Kadang gambar yang tersimpan di media card akan muncul gambar yang "aneh". Jika kita merasa terganggu, bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke group yang akan kita edit, pilih view group details, dan pilih save pictures menjadi never. Di sini sekaligus bisa dilakukan jika kita tidak menginginkan conversation group muncul di folder messages dengan cara pilih message list integration, pilih setting, pilih no activities.(fik)
Tribun Timur