9:29 AM

Facebook akan Buat Perubahan untuk Mobile

Facebook mobileFacebook Bersiaplah, Facebook tengah mempersiapkan event untuk mengumumkan pengembangan terbaru yang telah mereka rampungkan di ranah mobile, 3 November 2010 mendatang.

Namun Facebook sendiri belum mau menjelaskan secara detail. Seperti dilansir Cnet dan dikutip detikINET, Senin (01/10/2010) dalam pernyataannya, Facebook hanya menyebutkan konferensi ini dinamainya sebagai 'mobile event'.

Pengumuman yang disampaikan Facebook ini disertai ikon ilustrasi dua orang yang terkoneksi dengan 'telepon kaleng'. Ini mengingatkan kita akan mainan masa kecil, ketika seutas tali atau benang yang disambungkan dengan dua buah kaleng diperlakukan sebagai telepon.

Apa artinya? Meski tak menjelaskan secara rinci, namun Facebook mengisyaratkan bahwa event yang akan digelarnya nanti akan berhubungan dengan pembaruan dalam situs Facebook mobile.

Facebook juga rencananya akan mengumumkan update terbaru layanan Facebook Places yang baru diluncurkan beberapa pekan silam. Kabarnya, Facebook Places akan bisa diakses melalui touch.facebook.com pada browser mobile yang mendukung HTML5 dan fitur geolokasi.

Tambahan lainnya, Facebook juga akan menguji semacam program reward yang akan bersaing ketat dengan Foursquare dan situs sejenis. Platform yang kabarnya dinamakan Deals ini memungkinkan perusahaan yang memanfaatkan Facebook Places membuat insentif bagi pengguna yang men-tag sejumlah teman yang melakukan check-in ke tempat tersebut.