4:45 PM

Gunung Bromo Meletus | Gunung Bromo Keluarkan Abu

Gunung Bromo Meletus | Gunung Bromo Keluarkan Abu,Gunung Bromo yang belakangan ini aktivitasnya meninggi akhirnya mengeluarkan abu. Sekira pukul 17.00 WIB tadi, terjadi letusan kecil di gunung tereksotik di Pulau Jawa ini.

“Letutas kecil terjadi tadi sore. Saat ini erupsi yang keluar berupa abu,” ujar petugas Pos Pantau Bromo, Ahmad Subhan, saat dikonfirmasi okezone, Jumat (26/11/2010).

Subhan menambahkan, saat ini aktivitas Gunung Bromo semakin meninggi, terlebih sejak siang tadi Bromo diguncang gempa vulkanik sebanyak 12 kali.

“Tremor terkecil tiga millimeter dan terbesar hingga 12 milimeter. Namun, radius aman tetap tiga kilometer. Kami masih terus memantau aktivitas Bromo,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apakah ada evakuasi kepada warga atau tidak. Beredar kabar, pemerintah setempat saat ini masih menggelar pertemuan untuk membahas aktivitas Gunung Bromo.

Meski sama-sama gunung berapi, namun Bromo memiliki karekter berbeda dengan Gunung Merapi. Putu Artama, peneliti dari Pusat Kebumian dan Bencana Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) sempat menyatakan, saat meletus Gunung Bromo tidak sama dengan Merapi.

"Karakteristik Gunung Bromo merupkan low volcanic, tidak seperti Merapi yang high volcanic. Jika terjadi letusan, material yang dimuntahkan Bromo berupa pasir dan abu," terang Putu.

Bromo pernah meletus pada 1974. Letusan itu merupakan terdahsyat sepanjang sejarah Gunung Bromo, yakni radius 6-10 kilometer. Namun warga sekitar hanya menggunakan tudung untuk melindungi dari hujan abu. Jangan heran jika di sekitar Gunung Bromo ada lautan pasir. Pasir-pasir itulah hasil muntahan material gunung Bromo.

Dia menjelaskan, jika di Gunung Merapi ada awan panas atau wedhus gembel, Gunung Bromo yang bahaya adalah asap yang berwarna kekuning-kuningan yang berasal dari belerang. Sebab, asap ini dapat mengganggu pernapasan.okezone

Foto Gunung Bromo Keluarkan Abu


Gunung Bromo Keluarkan Abu