4:50 PM

Kenapa Pria Kebanyakan Pendiam?

Kenapa pria kebanyakan pendiam? Ooo, ternyata ini berhubungan dengan kemampuan berbahasanya. Menurut penelitian anak laki-laki memang cenderung lebih sulit mempelajari kemampuan bahasa.

Maka itu peneliti di Michigan State University menegaskan mengajarkan kemampuan bahasa pada anak laki-laki lebih penting ketimbang perempuan. Tujuannya agar dapat membantu mengembangkan kontrol diri dan akhirnya membantu anak berhasil di sekolah.

"Hal ini menekankan bahwa orangtua sebaiknya lebih banyak menggunakan kata-kata untuk membantu perkembangan anak laki-lakinya," jelas Claire Vallotton, asisten profesor perkembangan anak di Michigan State University, dilansir Sciencedaily, Kamis (4/11/2010).

Menurut Vallotton, anak laki-laki perlu mendapatkan perhatian ekstra dari penyedia perawatan anak dan guru untuk membantunya membangun keterampilan bahasa dan menggunakan keterampilan-keterampilan untuk mengatur emosi dan perilaku.

"Kemampuan bahasa memiliki dampak yang lebih besar pada anak laki-laki, tetapi kebanyakan anak laki-laki cenderung lebih sulit mempelajari bahasa," jelas Catherine Ayoub dari Harvard Medical School.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, pria dan wanita memang berpikir dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan anatomi otak antara pria dan wanita.

Otak terdiri dari dua jenis jaringan utama, yaitu yang disebut dengan materi abu-abu (gray matter) dan materi putih (white matter).

Penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya pria memiliki materi abu-abu 6,5 kali lebih besar dari wanita, sedangkan materi putih wanita 10 kali lebih besar dari pria.

Materi abu-abu merupakan komponen utama sistem saraf pusat, terdiri dari sel saraf tubuh, neuropil (dendrit serta akson un-myelin dan myelin), sel-sel glial (astroglia dan oligodendrocytes) dan kapiler yang bisa diibaratkan sebagai prosesor pada komputer.

Sedangkan materi putih sebagian besar terdiri dari akson myelin (zat lemak putih) yang merupakan jalur transmisi utama sistem saraf.

Inilah sebabnya mengapa pria cenderung lebih unggul pada bidang yang membutuhkan proses lokal seperti matematika. Sementara wanita lebih unggul pada bidang integerasi dan asimilasi (penyesuaian) informasi seperti kemampuan bahasa.detikHealth