9:06 AM

Nasi Goreng Jancuk, Superpedas!

Nasi Goreng Jancuk, Superpedas! - Kartini Restoran milik Surabaya Plaza Hotel bisa menjadi pilihan tempat berpetualang kuliner di Surabaya, letaknya di Plaza Boulevard, Jalan Pemuda 31-37, Surabaya, Jawa Timur. Nama menu andalan Kartini Restoran ini memang mengundang kernyit heran. Nasi Goreng Jancuk namanya.

Nasi Goreng Jancuk ini harganya murah, tapi saat makanannya datang, orang akan lihat porsinya yang superbesar dan rasanya superpedas.


Bersoraklah jika Anda penggemar masakan pedas karena nasi goreng ini tidak sekadar pedas, tapi superpedas! Karena saking pedasnya itulah, akhirnya diberi nama Jancuk, sebuah kata makian khas Surabaya. Nasi goreng ini diberi campuran ayam, potongan udang, daging kepiting. dan sambal terasi. Tak lupa pula acar dan kerupuk udang.

Jangan nekat menghabiskan makanan ini sendirian. Selain rasanya yang superpedas, porsinya pun superbesar. Dengan harga kisaran Rp 50.000-an, nasi goreng ini bisa dinikmati oleh 5-6 orang. Uniknya, beberapa tamu luar kota yang makan nasi goreng ini pun akhirnya memesan beberapa porsi untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kata "jancuk" memang merupakan kosakata kasar dalam bahasa Jawa. Menurut Nanik Erlyana, Business Director Surabaya Plaza Hotel, kata ini sebenarnya telah menjadi ungkapan sehari-hari bagi arek Suroboyo.

"Nasi Goreng Jancuk ini harganya murah, tapi saat makanannya datang, orang akan lihat porsinya yang superbesar dan rasanya superpedas. Jadinya membuat orang kaget dan mengucap jancuk sebagai ungkapan kaget," jelas Nanik.

Selain itu, Anda perlu mencoba menu lainnya berupa Rawon Setan dengan tekstur dagingnya yang empuk. Selain masakan Indonesia, Kartini Restoran juga menyediakan menu-menu seafood, chinesse food, dan western food.

Surabaya Plaza Hotel juga memiliki Cafe Taman dengan konsep bar and lounge. Cafe Taman memiliki berbagai pilihan cocktail dan mocktail. Bahkan sedia pula minuman tradisional seperti beras kencur dan kunyit asam. Kompas.com sempat mencicipi mocktail andalan, yaitu Taman Kota yang unik karena menggunakan sayuran sawi dipadu dengan yoghurt dan susu. Selain manisnya yang tak terlalu menyengat, rasanya sangat segar dan ringan.

Pilihan mocktail lainnya adalah Suramadu yang merupakan paduan jahe, kunyit asam, sinom, dan air jeruk. Jika Anda penggemar kopi, bisa pilih Avocado Caramel campuran alpukat, kopi, susu, sirup karamel dengan tambahan es krim mocha, dan taburan biji kopi di atasnya. Sangat menggiurkan, bukan?

Cocktail yang bisa Anda coba bernama Strawberry Muddling berupa campuran buah stroberi, Triple Sec, Vodka, dan Angostura. Buah stroberi segar berpadu lembut dengan hangatnya Vodka.

Traditional Food Corner dari Surabaya Plaza Hotel menyajikan menu spesial, yaitu Semanggi. Tamu yang menginap di hotel ini bisa melihat langsung proses meracik Semanggi. Semanggi ini mirip seperti gado-gado, tetapi hanya menggunakan bahan utama sayuran semanggi. Sausnya pun mirip, yaitu saus kacang, tapi dengan tambahan petis udang. Menu ini memang sangat khas Surabaya. Selain itu, Anda bisa mencicipi Rujak Cingur yang juga makanan khas Surabaya.kompas