5:40 PM

Sedang Mandi, Turis Dimangsa Lima Singa

singaseorang turis kemarin diserang lima singa ketika sedang mandi di salah satu kamp di Taman Nasional Mana Pools, Zimbabwe. Evershed yang tengah berlibur bersama istri dan kerabatnya menjadi mangsa lima singa tersebut.


Menurut Kepala Petugas Konservasi Zimbabwe (ZCTF) Johny Rodrigues akhir-akhir ini Mana Pools yang berada di dekat sungai Zambesi sering diserang singa. Wilayah tersebut populer sebagai tempat mancing dan berburu. Namun, kata Rodrigues, beberapa kamp di sana memiliki pengamanan minim atas serangan binatang liar.

Sebelumnya, kata Rodrigues, sebanyak delapan warga desa dimangsa singa dalam waktu dua bulan. Serangan para singa baru berhenti ketika beberapa binatang karnivora itu dibunuh.

Menurut penduduk lokal, singa di daerah itu menjadi lebih berani karena mereka tergoda ke kamp oleh aroma daging yang disediakan operator tur bagi para turis.Namun, Rodrigues mengatakan tingginya tingkat perburuan satwa di Zimbabwe membuat predator seperti singa kehilangan makanan.

Kijang, makanan singa juga mulai habis karena kerap diburu masyarakat lokal sebagai santapan. Sehingga dia menjadi lebih agresif terhadap manusia. "Jika mereka tidak mendapat makanan , maka mereka akan mencari cara lain untuk mendapatkannya," kata Rodrigues.Tempo