11:23 AM

Nexus S, Smartphone Android Google Terbaru

Nexus SNexus S -Perusahaan internet terbesar di dunia, Google akhirnya menggelontorkan smartphone keduanya, Nexus S.

Nexus S merupakan smartphone berbasis Android yang dibuat bekerja sama dengan produsen ponsel asal Korea Selatan, Samsung. Ponsel pintar ini muncul untuk menggantikan suksesornya, Nexus One. Bedanya, Nexus S dipersenjatai dengan sistem operasi Android terbaru, Gingerbread.

"Nexus S merupakan perangkat pertama yang dilengkapi dengan platform Android terbaru, yang akan digunakan oleh seluruh produsen handset di seluruh dunia," ujar VP Engineering Google, Andy Rubin, seperti dikutip melalui Straits Times, Selasa (7/12/2010).

Smartphone Android Google terbaru ini akan tersedia di AS mulai 16 Desember nanti melalui distribusi di toko Best Buy dan pada 20 Desember akan tersedia di Carphone Warehouse dan toko ritel Best Buy di Inggris.

Untuk distribusi di AS, Nexus S akan dikontrak dengan jaringan telekomunikasi AS, T-Mobile, ata bisa juga didistribusikan tanpa kontrak (unlocked). Sayangnya Google sepertinya belum memiliki rencana untuk menjual Nexus S di Singapura atau negara Asia lainnya, meski tidak menutup kemungkinan jika perangkat tersebut dapat dibeli secara online.

"Nexus S memberikan apa yang disebut dengan 'pengalaman murni' menggunakan Google, yaitu unlocked, akses tanpa filterisasi ke layanan mobile Google, dan platform Android terbaru dan terbaik," ujar Rubin.okezone