9:02 AM

Potret Perempuan Telanjang Laku Rp 1,02 Triliun

lukisan-perempuan-telanjangLukisan Nude, Green Leaves and Bust hanya pernah sekali dipamerkan di Amerika Serikat, tahun 1961. Mendiang kolektor lukisan di California, Frances Lasker Brody, merupakan pemilik lukisan itu sebelumnya. Brody wafat pada November 2009.
TRIBUNNEWS.COM- Barangkali ini harga potret seorang perempuan telanjang termahal di dunia. Perempuan telanjang tersebut adalah wanita simpanan yang diabadikan dalam lukisan berjudul Nude, Green Leaves and Bust yang tak lain adalah karya seniman legendaris asal Spanyol yaitu Pablo Picasso.

Lukisan tersebut ketika dilelang oleh perusahaan lelang terkemuka, Christie’s di New York dilepas dengan harga 106,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,02 triliun.

Seorang penawar melalui telepon yang tidak disebutkan namanya, membeli lukisan Nude, Green Leaves and Bust tersebut. Lukisan buah karya Picasso pada tahun 1932 tersebut merupakan potret seorang perempuan simpanan Picasso bernama Marie Therese Walter.

Lukisan Nude, Green Leaves and Bust hanya pernah sekali dipamerkan di Amerika Serikat, tahun 1961. Mendiang kolektor lukisan di California, Frances Lasker Brody, merupakan pemilik lukisan itu sebelumnya. Brody wafat pada November 2009.

Sampai Februari lalu, satu lagi karya Picasso, yaitu Boy With a Pipe, menjadi pemegang rekor dunia sebagai lukisan yang terjual dengan harga tertinggi.

Sebuah patung perunggu oleh pemahat Swiss Alberto Giacometti memecahkan rekor tersebut ketika patung terjual dengan harga sedikit di atas 104 juta dolar. Dengan penjualan di Christie’s ini, Picasso merebut kembali rekor dunia harga jual sebuah karya seni.widodo/Tribunnews