9:27 PM

Hiu Tutul Terperangkap di Kenjeran

hiu tutulSURABAYA - Seekor ikan hiu tutul sepanjang delapan meter ditemukan nelayan Pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/9/2010). Ikan ini terperangkap jaring milik nelayan yang sedang mencari ikan di perairan Selat Madura, sekitar tiga mil dari bibir pantai.

Darul Isnaini, 28, salah satu nelayan setempat, mengatakan ikan hiu tutul tersebut kini sudah dipinggirkan, dan dipamerkan di pinggir pantai, di Jalan Sukolilo, Kenjeran. “Ikannya sudah mati saat ditarik di pinggir pantai, padahal sebenarnya masih hidup ketika terjaring,” ujarnya.

Saat ini ikan tersebut menjadi tontonan warga dan pengunjung lain. Kendati demikian, nelayan tak memberikan tarif kepada pengunjung yang menyaksikan ikan hiu tutul secara langsung. “Kami tidak mematok harga tiket, hanya menyiapkan kotak untuk sumbangan sukarela bagi pengunjung uang mau menyumbang,” tutur Darul.

Rencananya, hiu tersebut akan menjadi tontonan warga selama sepekan ke depan. Setelah itu, bagian sirip akan dijual, begitu juga bagian tubuh lain. “Biasanya memang ada yang beli,”sambung Darul.

Catatan Surya, penemuan ikan hiu tutul ini bukan yang pertama kali, karena hampir setiap tahun nelayan di sana menemukan ikan serupa. Bahkan, setiap tahun kadang menemukan sampai tiga kali. Selain itu,
dua ikan paus kepala melon juga pernah tersangkut jarring nelayan. ant SURYA