1:43 PM

Pemudik Lahirkan Bayi Kembar Tiga

3 bayiPRINGSEWU ,Menjelang Lebaran, keluarga Yusten (33) memperoleh hadiah terindah. Tanpa diduga, Eka, istri Yusten, melahirkan ketika dalam perjalanan mudik kampung halaman di Gisting, Pringsewu.

Eka, yang sedang hamil tua, melahirkan bayi kembar tiga berjenis kelamin laki-laki. Proses kelahiran melalui operasi caesar di Rumah Sakit Wismarini, Pringsewu, Selasa (7/9/2010) pukul 22.00.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai sopir di Jakarta itu mengaku sebelumnya tidak ada tanda-tanda bahwa istrinya akan melahirkan kembar tiga. Sebab, hasil pemeriksaan dokter selama ini hanya didiagnosis mengandung kembar dua. "Apalagi jenis kelaminnya semua laki-laki," kata Yusten saat ditemui di ruang kebidanan RS Wismarini.

Yusten mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di Jakarta, Eka diperkirakan melahirkan pada 4 Oktober. Untuk itulah, kata pria berdarah Timor Leste berkewarganegaraan Indonesia itu, istrinya berniat melahirkan di kampung halaman di Gisting.

Sembari ber-Lebaran, keluarga ini berangkat dari Jakarta, Senin (6/9/2010) malam, menggunakan mobil pribadi bersama dengan kerabatnya. "Istri saya berniat melahirkan di kampungnya, Gisting. Kita pulang lebih awal dari yang direncanakan," katanya.

Yusten menceritakan, pada awal perjalanan tidak ada keluhan apa pun yang dirasakan istrinya. Namun, setelah tiba di Kemiling, istrinya mengeluhkan perutnya yang terasa sakit. Lalu saat itu, lanjut pria berkulit sawo matang itu, ketuban sang istri pecah.

Awalnya, Eka sempat dirujuk ke Rumah Sakit Surya Asih, Pringsewu. Namun, karena pertimbangan kelengkapan peralatan dirujuk ke Rumah Sakit Wismarini untuk dilakukan operasi. "Ini merupakan hadiah Lebaran. Tidak ada tanda-tanda bila pada kehamilan yang kedua ini, istri saya hamil kembar tiga," ujarnya.

Ketiga putra Yusten memiliki berat 1,3 kg, 1,6 kg dan 1,7 kg. Saat ini sedang mendapatkan penanganan dalam ruang khusus di Rumah Sakit Wismarini. Sementara kondisi Eka cukup stabil.KOMPAS.com