2:24 AM

Aksi Warga Melawan Babi Liar

babi hutanDALLAS,Kehidupan para babi liar di kawasan Texas terancam. Pasalnya, pada bulan Oktober ini telah ditentukan sebagai bulan perlawanan terhadap babi hutan. ”Bulan Pemberantasan Babi, Keluarkan Babi dari Texas”.

Kampanye itu bertujuan untuk menggugah rakyat Texas agar berburu dan mengenyahkan hewan pengganggu pertanian tersebut. Tidak hanya itu, kawanan babi liar juga menyerang halaman-halaman rumah penduduk, taman umum, juga padang golf.

”Di peternakan saya di Texas, saya telah berhasil menembak beberapa babi. Saya menyerukan kepada orang-orang di Texas agar bersama-sama bahu-membahu memburu dan menjerat mereka di daerah masing-masing,” ujar Komisioner Peternakan Negara Bagian Texas Todd Staples.

Babi Texas itu merupakan perpaduan antara babi biasa dan babi liar asal Eropa yang terlepas dari rumah-rumah pertanian dan menghasilkan jenis babi baru. Pejabat setempat memperkirakan, populasi babi liar mencapai 2 juta ekor dan diperkirakan mereka pula yang menjadi biang keladi kerusakan pertanian yang menyebabkan kerugian sebesar 400 juta dollar AS per tahun.

Kampanye itu membuat beberapa kelompok pencinta hewan bereaksi. Populasi babi liar meningkat, menurut mereka, karena babi-babi itu hanya memiliki sedikit predator. Kampanye tersebut juga menyediakan dana sebesar 25.000 dollar AS bagi yang terbanyak mengenyahkan hewan tersebut. KOMPAS.com