10:12 PM

Pagelaran Seni Jaranan Yang Berubah Menjadi Ajang Bacokan

WAJAK Satu pemuda terkapar terkena sabetan celurit, saat tawuran antarpemuda beda kampung di lokasi hiburan jaranan di Dusun Pagergunung, Desa Dadapan, Kecamatan Wajak, Rabu (28/9) malam.

Penyebab tawuran sampai saat ini belum terungkap jelas, namun perkelahian itu menyebabkan Yoyon, 26, warga Desa Wonoayu, Kecamatan Wajak, terluka bacok. Pahanya terluka setelah disabet celurit oleh Sutopo, 27, warga Dusun Pagergunung, Desa Dadapan, Kecamatan Wajak.

Bahkan tak hanya pahanya yang terluka, namun telinganya juga robek. Kabarnya, itu bukan karena terkena sabetan celurit melainkan digigit Sutopo. Hingga Kamis (30/9) siang, pelakunya masih diburu karena usai tawuran langsung kabur.

“Katanya, juga begitu. Namun sampai kini belum jelas penyebabnya. Kemungkinan sebelumnya, mereka sudah ada masalah dan baru terluapkan ketika ketemu di lokasi jaranan,” kata Tohir, Kepala Desa (Kades) Dadapan, Kamis (30/9).

Menurut Tohir, acara jaranan malam itu adalah hajatan warga Dusun Pagergunung untuk memperingati HUT RI. Sebenarnya, acara ini diagendakan tepat malam 17 Agustus kemarin. Namun karena bertepatan dengan bulan puasa, jaranan ditunda dan baru dilaksanakan malam itu.

Yang disayangkan Tohir, acara dalam rangka menghibur warga itu dinodai ulah para pemuda. Tak jelas pemicunya, namun di tengah acara jaranan sedang berlangsung gayeng, mendadak para penontonnya semburat ketakutan karena ada tawuran dua massa. Namun acara ini masih terkendali dengan jaranan kembali dilanjutkan.

Sejauh yang diketahui Tohir, korban sebelum datang ke acara jaranan, terlebih dulu melihat orkes dangdut yang berlangsung di Desa Codo, Kecamatan Wajak. Tak tahu mengapa, ia bersama teman-temanya usai dari lokasi orkes, kemudian datang ke hiburan jaranan, yang kebanyakan penontonnya hanya warga kampung setempat.

Awal kedatanganya memang belum ada tanda-tanda keributan. Namun beberapa menit kemudian, entah siapa yang mulai, kerubutan terjadi. Awalnya, Yoyon terlibat perkelahian dengan Winarko, 25, warga Dusun Pagergunung. Perkelahian berhasil dilerai warga dan Yoyon diusir dari lokasi agar tidak membuat keributan.

Namun, di tengah jalan tepatnya di Balai Desa Dadapan, Yoyon mendadak balik ke arena jaranan. Kali ini ia bukan kembali berkelahi dengan Winarko, namun giliran dengan Sutopo, yang tak lain teman sekampung Winarko.

Perkelahian pun terjadi. Sutopo yang entah dari mana mendapatkan celurit akhirnya membacok paha korban dan menggigit kuping Yoyon hingga nyaris putus. Yoyon pun terkapar bersimbah darah sekaligus membuat acara jaranan berhenti total.

Usai peristiwa itu, Sutopo memilih kabur, sementara Yoyon dilarikan ke RSUD Kanjuruhan dan siang kemarin sudah diperbolehkan pulang. Iptu Sardikan, Kapolsek Wajak, mengaku petugas sudah dkerahkan untuk memburu Sutopo.

Posted by : Gokil Gedabrus