5:20 PM

Beasiswa Khusus D-3 Kebidanan

Hot News - Beasiswa Khusus D-3 Kebidanan - Tinggal di daerah-daerah terpencil bukan berarti tidak bisa menjadi pribadi profesional yang bisa mengabdi pada bangsa dan negara. Pengabdian di bidang pendidikan kesehatan reproduksi masyarakat, khususnya terkait kebidanan, misalnya.

Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan (YPKP Jakarta) merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di bidang pengembangan pendidikan kesehatan, khususnya kesehatan reproduksi perempuan. Tahun ini, YPKP kembali memberikan beasiswa D-3 Kebidanan bagi para perempuan yang berasal dari daerah-daerah terpencil dengan latar belakang keluarga kurang mampu dan diutamakan yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan dukun bayi.

Adapun pemberian beasiswa ini dimulai sejak tahun 2004. Hingga akhir 2009 lalu, LSM ini telah memberikan beasiswa kepada 154 perempuan dari 12 propinsi di Indonesia.

Sebagai kelanjutan dari program ini, YPKP bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dari beberapa daerah diantaranya: Kabupaten Muko-Muko, Kabupaten Belitung, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Poso, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Propinsi Sulawesi Barat akan menyelenggarakan Program Beasiswa angkatan ke-4 tahun 2010 bagi putri daerah tersebut yang ingin mengabdi di daerahnya.

Bagi yang berminat Beasiswa Khusus D-3 Kebidanan, informasi, syarat, serta brosur pendaftaran bisa diunduh lengkap di situs www.ypkp.net. Program pendidikan D-3 Kebidanan ini akan dilaksanakan di awal tahun ajaran 2011.kompas.com