3:42 PM

Informasi CPNS | Informasi Pendaftaran CPNS Sulsel

surat lamaranInformasi CPNS | Informasi Pendaftaran CPNS Sulsel , Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan 24 kabupaten/kota akan secara serentak dibuka mulai 14-20 November mendatang.

Pengiriman berkas pendaftar dilakukan melalui perantara jasa PT Pos Indonesia. Peserta yang dinyatakan lulus berkas pendaftaran akan mengikuti ujian tulis pada 6 Desember, dan hasil tes CPNS, jika tidak ada halangan akan diumumkan 20 Desember.

Ketua Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Andi Murny Situru mengatakan tahapan dan tata cara pendaftaran CPNS akan secara resmi dilansir pada Senin (15/11) mendatang. Saat ini, berkas tahapan penerimaan CPNS Sulsel dan 24 kabupaten/kota telah ada di meja Sekretaris Provinsi Andi Muallim.

"Nanti kalau sudah ditandatangani sama Pak Sekprov (Andi Muallim) baru kita umumkan formasi lengkapnya. Yang jelas untuk pemprov dapat jatah 277 CPNS, tidak termasuk kabupaten/kota," kata Murny, usai rapat koordinasi BKD di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (12/11).

Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Mualliam mengatakan pembukaan pendaftaran CPNS secara serentak merupakan peraturan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI yang menginstruksikan agar berada di bawah koordinasi gubernur setempat.

"Kalau ada yang tidak mengikuti koordinasi gubernur perlu diperiksa, perlu di cek apa sebabnya tidak mengikuti (koordinasi gubernur). Saya sudah koordinasikan tadi dan semuanya siap ikut," kata Muallim.

Ditemui terpisah, Kepala BKD Kota Makassar Sittiara mengatakan total CPNS yang akan diterima di lingkup Pemkot Makassar adalah 210 orang.

Guru Sekolah Dasar (SD) menjadi formasi terbanyak yang dibutuhkan Pemkot Makassar. Meski demikian, Sittiara tidak membeberkan jumlah pastinya.

"Guru SD yang paling banyak, tapi saya lupa jumlahnya," kata Sittiara. Untuk mengantisipasi maraknya modus penipuan yang mengiming-imingi kelulusan sebagai PNS seperti yang terjadi tahun sebelumnya. Ia mengaku telah melakukan upaya antisipatif dengan gencar mengeluarkan imbauan kepada masyarakat.

"Selain itu kita juga akan melakukan pengacakan kursi saat ujian nanti. Jadi meskipun dikirim via pos bersamaan tapi belum tentu sama tempat ujiannya. Dan kalau masih ada didapat kita akan proses ke ranah hukum," katanya.

Awas Joki

Seiring datangnya musim penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), sejak dini Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muallim mewanti-wanti kepada calon pendaftar untuk tidak tergoda dengan iming-iming calo (joki) CPNS yang menjanjikan kelulusan.
Ia mengaku kasihan jika mendengar ada laporan warga yang mengaku tertipu oleh ulah joki. Ia pun tidak akan mentolerir jika mendapati ada oknum PNS yang terlibat sebagai joki di seleksi CPNS.

"Kalau ada PNS yang terlibat menjadi joki laporkan, cari, dan buktikan di pengadilan. Kalau memang terbukti biar pengadilan yang menentukan hukumannya," kata Muallim usai rapat koordinasi BPKD di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (12/11)
Ia menegaskan, tidak ada seorang pun yang dapat menjamin kelulusan seseorang sebagai CPNS selain dirinya sendiri. Semakin besar usaha dan doanya, maka akan semakin besar peluangnya untuk lolos sebagai CPNS.

Informasi CPNS | Informasi Pendaftaran CPNS Sulsel ini Kami kutip Dari Tribun - Timur

Cara Menulis Lamaran untuk CPNS